Back

Ujian Level 1 dan 2 CFA®, Apa Saja Perbedaannya?

Program Chartered Financial Analyst (CFA) adalah sertifikasi terkemuka dalam industri keuangan yang dirancang untuk mengembangkan pengetahuan dan keterampilan profesional dalam analisis investasi dan manajemen portofolio. Bagi mereka yang berencana untuk mengambil sertifikasi CFA, penting untuk memahami perbedaan antara ujian Level 1 dan Level 2. Dalam artikel ini, kita akan membahas delapan perbedaannya

Konten Materi:

Ujian Level 1 CFA® Exam berfokus pada pengetahuan dasar dalam bidang ekonomi, akuntansi, etika, analisis keuangan, dan manajemen investasi. Di sisi lain, ujian Level 2 CFA® Exam lebih mendalam dan memerlukan pemahaman yang lebih komprehensif tentang topik-topik tersebut, dengan penekanan pada aplikasi praktis dan analisis lebih lanjut.

Struktur Ujian:

Ujian Level 1 CFA® Exam terdiri dari 180 pertanyaan multiple-choice yang dipecah menjadi dua sesi ujian. Ujian Level 2 CFA® Exam memiliki struktur yang berbeda dengan 88 pertanyaan multiple-choice yang dibagi menjadi dua sesi, dengan set pertanyaan berbasis kasus yang memerlukan analisis lebih dalam.

Tingkat Kesulitan:

Level 1 CFA® Exam dikenal sebagai ujian yang lebih luas dan mencakup banyak topik. Ini bertujuan untuk menguji pemahaman dasar yang kuat. Di sisi lain, Level 2 CFA® Exam dianggap sebagai ujian yang lebih sulit karena memerlukan pemahaman yang lebih mendalam, penerapan praktis, dan analisis yang lebih rinci.

Fokus pada Analisis:

Ujian Level 2 CFA® Exam memberikan dasar pengetahuan tentang konsep keuangan dan investasi. Level 2 CFA® Exam, di sisi lain, berfokus pada kemampuan analitis yang lebih canggih dengan menuntut pemahaman tentang metode evaluasi investasi yang lebih mendalam.

Evaluasi Pengetahuan:

Level 1 CFA® Exam menguji pemahaman dasar dengan menekankan pada pengetahuan faktual dan konseptual. Level 2 CFA® Exam lebih berfokus pada aplikasi pengetahuan dan keterampilan analitis melalui pertanyaan berbasis kasus dan skenario yang kompleks.

Waktu Persiapan yang Diperlukan:

Karena cakupan materi yang lebih luas dan tingkat kesulitan yang lebih tinggi, ujian Level 2 CFA® Exam membutuhkan waktu persiapan yang lebih intensif daripada Level 1. Persiapan yang memadai dan waktu yang cukup harus dialokasikan untuk mempelajari materi dengan lebih mendalam.

Tingkat Kelulusan:

Tingkat kelulusan untuk ujian Level 1 CFA® Exam biasanya lebih tinggi dibandingkan dengan ujian Level 2. Tingkat kelulusan yang rendah pada Level 2 menunjukkan tingkat kesulitan yang lebih tinggi dan persaingan yang lebih ketat.

Implikasi Karir:

Lulusan Level 1 CFA® Exam seringkali memiliki pemahaman dasar tentang konsep investasi yang penting untuk memulai karir di industri keuangan. Namun, tingkat Level 2 CFA® Exam yang lebih tinggi memberikan keunggulan kompetitif yang lebih besar dan membuka pintu bagi peran dan tanggung jawab yang lebih canggih dalam analisis investasi dan manajemen portofolio.

Ujian Level 1 dan Level 2 CFA® Exam memiliki perbedaan signifikan dalam hal konten materi, struktur ujian, tingkat kesulitan, fokus analitis, evaluasi pengetahuan, waktu persiapan, tingkat kelulusan, dan implikasi karir. Penting bagi calon peserta ujian CFA untuk memahami perbedaan ini dengan baik dan mengalokasikan waktu dan upaya yang tepat dalam persiapan mereka untuk mencapai keberhasilan dalam ujian yang mereka ambil.

Segera Persiapkan Ujian CFA Anda dan Tingkatkan karir keuangan Anda Bersama Kaplan. REGISTER NOW!

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *