Back

Mengapa Tingkat Kelulusan Ujian CFA Rendah? dan Bagaimana Meningkatkannya

Kamu pasti pernah mendengar tentang ujian CFA, bukan? Ujian yang sulit dengan tiga level ini memang terkenal penuh tantangan. Persentase orang yang berhasil melewati semua levelnya sangat sedikit, terutama jika kita melihat bahwa tingkat kelulusan untuk Level 1 kurang dari separuhnya. Yuk, kita lihat datanya dan bahas apa yang bisa kamu lakukan agar peluang kelulusanmu semakin tinggi.

Tingkat Kelulusan Ujian CFA® 

Penilaian ujian CFA® dilakukan setiap tahun oleh mesin dan pemegang charter. CFA Institute kemudian menggunakan metode untuk menentukan nilai kelulusan minimum yang diterapkan pada setiap level ujian. Nilai tersebut tidak diumumkan kepada publik. Tingkat kelulusan untuk Level I dan Level II dan III diberikan untuk setiap periode ujian.

Tingkat Kelulusan Ujian CFA Level I Terbaru

Tingkat kelulusan Level I terbaru terus berada di bawah rata-rata sepanjang masa Level I sebesar 41%. Tingkat kelulusan pada Juli 2021 sebesar 22% merupakan yang terendah dalam sejarah, yang kemudian menjadi tren yang hanya sedikit membaik sejak itu. Kekecewaan di kalangan komunitas CFA sangatlah tinggi dan pantas, mengingat kandidat telah menginvestasikan banyak waktu dan uang hanya untuk mendapatkan hasil yang memilukan.

Tingkat Kelulusan Ujian CFA Level II Terbaru

Rata-rata tingkat kelulusan sepanjang masa untuk Level II adalah 46%. Hasil terbaru bervariasi, dan tingkat kelulusan terbaru untuk November 2022 terus menunjukkan tingkat kesulitan ujian Level II.

Tingkat Kelulusan Ujian CFA Level III Terbaru

Tingkat kelulusan ujian Level III pada Februari 2023 sebesar 48%, yang melanjutkan tren tingkat kelulusan rendah yang kita lihat pada tahun 2022. Tingkat kelulusan sebelumnya untuk Level III mencapai 56%.

Sama seperti hasil Level I dan Level II, tidak jelas mengapa tingkat kelulusan ujian belakangan ini begitu rendah, tetapi tujuan kami tetap sama, yaitu membantu kamu menjadi pemegang charter CFA. Bagi yang telah lulus, selamat! Bagi yang belum, kami akan membantu langkah selanjutnya dan berkomitmen untuk membantu kamu mencapai tujuan profesionalmu.

Tentu saja, pertanyaan yang muncul sekarang adalah, “Apa yang harus saya lakukan sekarang?” Jika kamu telah menerima hasil ujian dan tidak lulus Ujian CFA, kami telah menyiapkan rencana taktis untuk langkah-langkah selanjutnya. 

Kenapa Tingkat Kelulusan Ujian CFA Belakangan Ini Sangat Rendah?

Pasti kalian sudah memperhatikan bahwa skor tahun 2022 dan 2023 mulai mendekati rerata sepanjang masa. Pada awal tahun 2021 dan akhir tahun 2020, spekulasi tentang alasan rendahnya skor banyak bermunculan. Seperti yang diharapkan, skor mulai kembali normal, namun tetap mengingatkan para kandidat untuk serius dalam persiapan ujian. Jika kalian belum mengikuti ujian ini dan skor-skor ini membuat kalian khawatir, saatnya bagi kalian untuk mempertimbangkan paket persiapan ujian CFA, yang dapat meningkatkan peluang kalian dalam statistik kelulusan.

Seberapa Sulit Ujian CFA?

Siapkan diri untuk tantangan di setiap tingkatan. Seperti yang bisa kalian lihat dari tingkat kelulusan terbaru, Ujian CFA secara luas dianggap sebagai ujian yang sulit. Pada Level I dan II, kalian diharapkan menguasai konsep-konsep utama yang terkait dengan topik-topik berikut dan bagaimana penerapannya:

  • Etika dan Standar Profesional 
  • Metode Kuantitatif 
  • Ekonomi 
  • Analisis Laporan Keuangan Emiten 
  • Korporat Investasi Saham 
  • Investasi Obligasi
  • Instrumen Derivatif 
  • Investasi Alternatif 
  • Manajemen Portofolio dan Perencanaan Kekayaan 

Pada Level III, kalian harus menggunakan pengetahuan kalian untuk mengevaluasi skenario keuangan tertentu dan memberikan rekomendasi.

 

Tingkat Kesulitan CFA: Ujian CFA Mana yang Paling Sulit? 

Tidak ada tingkat ujian CFA yang mudah. Setiap tingkat semakin sulit. Pada akhirnya, jumlah kandidat yang lulus ketiga tingkat ujian ini merupakan persentase kecil dari mereka yang mendaftar di Level I dan bertahan hingga akhir. Meskipun demikian, konsensus umum dari mereka yang telah mengikuti ketiga tingkat ujian CFA adalah bahwa Level III adalah yang paling sulit karena soal jawaban konstruksi yang berbentuk soal esai.

Bagi mereka yang sudah terbiasa dengan format pilihan ganda, menulis jawaban bisa menjadi sulit. Selain itu, ada kecenderungan bagi beberapa kandidat untuk berpikir bahwa soal jawaban konstruksi harus diperlakukan seperti soal esai pada ujian di perguruan tinggi atau sekolah pascasarjana, padahal keduanya sangat berbeda.

Bagaimana Meningkatkan Peluang Lulus Ujian CFA

Anda harus siap mengalokasikan setidaknya 300 jam untuk belajar setiap level. Berikut ini adalah beberapa tips yang akan membantu Anda mengembangkan pengetahuan dan kepercayaan diri yang diperlukan untuk meningkatkan peluang Anda lulus:

  1. Buatlah rencana belajar CFA Anda, dan mulailah belajar dengan cepat. 
  2. Fokuslah pada Pernyataan Hasil Pembelajaran (Learning Outcome Statements/LOS) dari CFA Institute karena mereka secara rinci menjelaskan apa yang diharapkan Anda lakukan pada hari ujian. 
  3. Daftarlah untuk mengikuti kelas persiapan ujian CFA. 
  4. Bentuklah rutinitas belajar yang tetap dan teratur. 
  5. Seimbangkan antara membaca dan berlatih dengan jeda di antaranya untuk membiarkan konsep (dan aplikasinya) meresap. 
  6. Tingkatkan kepercayaan diri Anda setiap hari dengan mendaftar pertanyaan CFA harian. Lakukan setidaknya satu simulasi ujian CFA. Simulasi ujian terbaik akan mensimulasikan ujian sebenarnya berbasis komputer Prometric. Mereka akan membantu Anda menilai penguasaan Anda terhadap semua yang diharapkan Anda ketahui dan lakukan saat Anda mengikuti ujian CFA yang sebenarnya, serta seberapa baik Anda menghadapi tekanan ujian yang berbatas waktu.

Langkah Selanjutnya bagi Calon Kandidat CFA 

Pelajari lebih lanjut tentang Ujian CFA jika Anda tertarik menjadi seorang CFA Charterholder. Berencana untuk mengikuti (atau mengulang) ujian ini? Persiapkan dengan kursus CFA Level 1 bersama kami, cek info lengkapnya disini.

sumber: schweser.com

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *