Perbedaan Kurikulum Tiap Level CFA

Tiga level ujian CFA bersifat progresif, dan Anda harus melewati level yang lebih rendah untuk maju ke level berikutnya. Pada artikel ini, kita melihat perbedaan antara level kurikulum CFA yang berbeda. Dengan begitu Anda bisa semakin baik mempersiapkan ujian CFA dari CFA Institute, baik Level 1, Level 2, maupun Level 3.

 

Ujian CFA Level 1

 

Fokus ujian level 1 CFA adalah pada pengetahuan dan pemahaman konsep dasar analis keuangan. Kurikulumnya berfokus pada definisi, introduction to financial analysis, dan key formulas.. Selain itu, Anda harus memahami standar etika dan profesional serta berbagai alat investasi.

Struktur ujian level 1 berbasis komputer. Durasi ujian adalah lima setengah jam, termasuk 30 menit untuk tutorial, dua sesi ujian 135 menit, dan istirahat opsional 30 menit.

Kurikulum level 1 CFA mencakup sepuluh topik, masing-masing dengan bobot ujian yang berbeda, yang berubah secara teratur, 19 sesi belajar, dan 57 bacaan. Tes akan fokus pada pengetahuan dan pemahaman Anda tentang sepuluh topik ini.

 

Topik terbaru dan bobotnya yang dibagikan oleh CFA Institute adalah;

  • Ethical and Professional Standards 15-20%
  • Quantitative Methods 8-12%
  • Economics 8-12%
  • Financial Statement Analysis 13-17%
  • Corporate Issuers 8-12%
  • Portfolio Management 5-8%
  • Equity Investments 10-12%
  • Fixed Income 10-12%
  • Derivatives 5-8%
  • Alternative Investments 5-8%

 

*Sebelum tahun 2022, kurikulum Program CFA mengacu pada Analisis Laporan Keuangan sebagai Pelaporan dan Analisis Keuangan (disingkat FRA) dan kepada Emiten Perusahaan sebagai Keuangan Perusahaan.

Menurut CFA Institute, level 1 memiliki level kelulusan terendah. Level kelulusan untuk ujian Februari 2022 adalah: 36% dan 38% untuk ujian Mei.

 

Ujian CFA level 2

Ujian CFA level 2 berfokus pada pengujian bagaimana Anda menerapkan pengetahuan analisis keuangan ke situasi nyata. Anda harus memiliki keterampilan untuk menggunakan alat analisis dan hubungan untuk menilai data keuangan dan menentukan nilai aset.

Ujian level 2 mencakup pertanyaan yang disusun sebagai sketsa yang terdiri dari pengujian mendalam pada satu topik. Pertanyaan-pertanyaan ini menguji pemahaman Anda tentang analisis keuangan menggunakan tabel, teks, atau laporan keuangan untuk menggambarkan situasi keuangan yang harus Anda pecahkan.

Topik di CFA level 2 sama dengan topik di level 1 tetapi dengan rentang bobot topik yang berbeda. Subyek utama termasuk fixed income, equity valuation, dan financial reporting. Selain itu, hanya ada 48 bacaan dan 14 sesi belajar.

Menurut CFA Institute, level kelulusan level 2 adalah 44% pada 2022

 

Ujian CFA level 3

CFA level 3 adalah level CFA yang paling advanced, yang mengharuskan Anda menunjukkan kemampuan untuk melakukan analisis keuangan, membuat penilaian, dan menjelaskannya. Selain itu, kurikulum tidak termasuk pelaporan dan financial reporting and analysis, corporate finance, dan quantitative methods. Ada 16 sesi belajar dan 38 bacaan di CFA Level 3.

Namun, perbedaan paling signifikan antara CFA level 3 dan level 2 dan level 1 adalah format ujian. Bagian pertama dari ujian Level 3 terdiri dari delapan hingga dua belas pertanyaan tanggapan, sedangkan bagian kedua memiliki sketsa dengan pertanyaan pilihan ganda.

Pertanyaan tanggapan bersifat terbuka, yang membutuhkan jawaban yang disusun di atas kertas kosong tanpa banyak pilihan untuk dipilih. Selanjutnya, level 3 dapat mengintegrasikan dua topik atau lebih, tidak seperti pertanyaan level 2 dan level 1.

Topik yang paling berbobot adalah portfolio management (35-40%), fixed income (15-20%), ekuitas (10-15%), dan ethics (10-15%).

Namun, CFA level 3 memiliki level kelulusan tertinggi, dengan lebih dari separuh siswa lulus ujian dibandingkan dengan dua level lainnya. Level kelulusan pada tahun 2022 adalah 49%.

 

Kesimpulannya, semua kurikulum level CFA berbagi topik yang sama. Anda harus menghabiskan setidaknya 300 jam belajar dan menggunakan kalkulator keuangan yang disetujui CFA. Perbedaan yang signifikan adalah format ujian dan struktur soal. Ujian Level 1 berbasis komputer dengan 90 pertanyaan ganda, sedangkan level 2 mencakup sketsa dengan pertanyaan pilihan ganda. Di sisi lain, level 3 terdiri dari pertanyaan tanggapan yang dibangun dan sketsa. Selain itu, soal-soal pada level 3 mengintegrasikan beberapa topik.

Level 1 memiliki level kelulusan terendah, sedangkan level 3 memiliki level kelulusan tertinggi, dengan rata-rata lebih dari setengah calon lulus ujian.

Mulailah perjalanan Anda untuk mendapatkan gelar CFA dengan mendaftar kursus persiapan Level 1 di Kaplan Edupac. Kami memberikan instruksi dari para ahli kami dan bahan studi tambahan termasuk, catatan belajar online dan pelajaran video, bank soal, ujian tiruan, dan kuis yang dapat disesuaikan.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.

en_USEN