Pentingnya ESG dan Benefitnya

ESG adalah singkatan dari environmental, social, and governance, dan sekarang ada banyak resiko pandemi dan krisis iklim yang tak terduga. Keduanya dapat berdampak pada ekonomi global secara substansial. Hal ini membuat banyak investor dan pembuat kebijakan menyadari kebutuhan yang lebih besar untuk mempercepat investasi dan kemajuan bisnis yang memprioritaskan ESG. Lagi pula, masyarakat kita tidak lagi hanya bergantung pada pemerintah tetapi juga pada bisnis yang berfungsi dengan baik yang memenuhi kebutuhannya, mulai dari penciptaan lapangan kerja, pemerataan pertumbuhan, perlindungan sumber daya alam, dan menjaga kepentingan konsumen. 

CFA Institute pada tahun 2022 mulai menawarkan Sertifikasi ESG sebagai sebuah kualifikasi global disamping sertifikasi bergengsi lainnya seperti CFA. Sertifikat dalam Investasi ESG dimiliki, dikelola, dan diberikan secara global oleh CFA Institute yang sebelumnya telah dikembangkan dan diberikan oleh CFA Society UK.

Kenapa ESG Penting?

  • Environment: ESG membawa kesadaran terhadap berbagai masalah iklim yang terjadi dan mendorong bisnis untuk mengadopsi praktik dan kebijakan yang lebih baik bagi lingkungan. Contohnya:
    • Perubahan iklim dan emisi karbon
    • Pencemaran udara dan air
    • Keanekaragaman hayati
    • Penggundulan hutan
    • Efisiensi energi
    • Pengelolaan sampah
    • Kelangkaan air
  • Social: Untuk bagian sosial, ESG dapat menelusuri kekuatan dan kelemahan bagaimana perusahaan mengelola hubungan dengan karyawan, pemasok, pelanggan, dan komunitas tempat perusahaan beroperasi, sehingga perusahaan dapat meningkatkan kesejahteraan bersama. Contohnya:
    • Kepuasan pelanggan
    • Perlindungan data dan privasi
    • Jenis kelamin dan keragaman
    • Keterlibatan karyawan
    • Hubungan masyarakat
    • Hak asasi Manusia
    • Standar tenaga kerja
  • Governance: Berurusan dengan kepemimpinan perusahaan, gaji eksekutif, audit, kontrol internal, dan hak pemegang saham. Investor ingin tahu apakah mereka dapat mempercayai perusahaan dan keputusan seperti apa yang diambil secara tertutup. Contohnya:
    • Komposisi dewan
    • Struktur komite audit
    • Suap dan korupsi
    • Kompensasi eksekutif
    • Melobi
    • Kontribusi politik
    • Skema Whistleblower

Benefit ESG Kepada Perusahaan

1. ESG menawarkan Keunggulan Kompetitif

Perusahaan yang berpartisipasi dalam ESG memperoleh keunggulan kompetitif. Survei GreenPrint baru-baru ini menyimpulkan bahwa 64% orang Amerika bersedia mengeluarkan uang ekstra untuk membeli dari bisnis yang mempromosikan produk ramah lingkungan. Pemimpin perusahaan yang melakukan upaya untuk memperbaiki kondisi tenaga kerja, mempromosikan keragaman, memberikan kembali kepada masyarakat dan mengambil sikap terhadap masalah sosial ekonomi juga memainkan peran utama dalam memperkuat brand perusahaan.

2. Menarik Investor dan Pemberi Pinjaman

Dimasukkannya pelaporan ESG dalam laporan pendapatan menjadi tren di kalangan bisnis. Investor dan pemberi pinjaman menjadi sangat tertarik pada organisasi yang berinvestasi dalam ESG dan menggunakan pengungkapan ESG untuk memperjelas upaya keberlanjutan mereka. Sebuah studi Gallup baru-baru ini menemukan bahwa 48% investor tertarik pada dana investasi berkelanjutan.

Kekhawatiran publik yang disebabkan oleh pandemi, perubahan iklim, dan penyalahgunaan sumber daya alam memaksa investor untuk mengalihkan pandangan mereka ke bisnis yang sustainable dan menyingkirkan bisnis dengan praktik yang sudah ketinggalan zaman — seperti upah yang tidak adil, investasi dalam bahan bakar fosil, metode pertanian yang tidak ramah lingkungan, dan pembuatan produk yang tidak dapat didaur ulang. 

3. Meningkatkan Kinerja Keuangan

ESG juga dapat meningkatkan kinerja keuangan bisnis secara keseluruhan. Bahkan upaya kecil seperti tidak menggunakan kertas, mendaur ulang, atau melakukan peningkatan hemat energi — dapat meningkatkan laba dan ROI bisnis. Untuk mengikuti program ESG, perusahaan harus melacak konsumsi energi, penggunaan bahan mentah, dan pengolahan limbah yang pada akhirnya mengarah pada pengurangan tagihan energi dan pengurangan biaya. Perusahaan yang tetap mematuhi ESG memiliki lebih sedikit paparan terhadap denda, risiko, dan penalti, yang berdampak positif pada keuntungan mereka.

Pada tahun 2020, Nestlé mengumumkan akan menginvestasikan hingga $2,1 miliar pada tahun 2025 untuk beralih dari plastik ke plastik food grade dan daur ulang. Hal ini diharapkan dapat membantu Nestlé mengurangi jejak karbonnya dan memangkas biaya kepatuhan — terutama di wilayah yang memiliki undang-undang yang lebih ketat terhadap penggunaan kemasan plastik.

4. Membangun Loyalitas Pelanggan

Dalam survei tahun 2021 yang dilakukan oleh Accenture terhadap lebih dari 25.000 konsumen di 22 negara, 50% melaporkan bahwa mereka telah menyelaraskan prioritas mereka saat berbelanja merek akibat pandemi COVID-19. Konsumen ini bersedia membayar ekstra untuk merek yang selaras dengan nilai-nilai mereka dan lebih setia kepada merek yang memperlakukan orang dengan baik. Konsumen yang sadar sosial saat ini ingin tahu apa yang dilakukan bisnis yang mereka dukung untuk kebaikan yang lebih besar.

Perusahaan yang mematuhi prinsip-prinsip ESG dapat mempertahankan dan menarik lebih banyak pelanggan dengan menjadi transparan dan secara efektif mengkomunikasikan upaya ESG mereka kepada pelanggan.

5. Keamanan Perusahaan dalam Jangka Panjang

Perusahaan yang berinvestasi dalam ESG dapat mempertahankan dan beradaptasi dengan kondisi yang selalu berubah-ubah. Walau ESG hanya wajib untuk perusahaan publik di beberapa yurisdiksi, tampaknya seluruh dunia korporat juga mulai mempertimbangkan ESG.. Perusahaan yang memilih untuk mengabaikan kebijakan ESG sekarang mungkin harus menghadapinya nanti, dalam bentuk masalah hukum, peraturan, reputasi, dan kepatuhan.

Bisnis yang mengintegrasikan prinsip-prinsip ESG dengan benar ke dalam intinya mengidentifikasi peluang penghematan biaya dan menikmati konsumsi energi yang rendah, pengurangan limbah sumber daya, dan pengurangan biaya operasional secara keseluruhan.

 

Lulus Ujian ESG Bersama Kaplan

Untuk mendapatkan sertifikasi ESG, Anda harus lulus ujian ESG. Bagaimana agar dapat mengerjakan ujian dengan baik? Dibutuhkan komitmen dan persiapan matang. Salah satu caranya adalah memiliki materi belajar yang berkualitas dengan fitur yang telah disesuaikan untuk persiapan yang ‘smart’. Kaplan dapat membantu Anda. Anda bisa dapatkan materi belajar di Kaplan sekarang juga!

Cari tahu lebih lanjut Study Packages for the ESG® Exam

 

Sumber: techtarget

 

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

en_USEN