CFA atau MBA: Mana Yang Lebih Baik untuk Karir Anda

Memutuskan antara program CFA dan program MBA adalah keputusan yang sangat personal. Sebagai seorang profesional keuangan, Anda kemungkinan besar akan dilayani dengan baik untuk mengejar keduanya. Perbandingan ini tidak dimaksudkan untuk mencari mana yang terbaik. Ada banyak alasan yang menentukan mana yang mungkin menjadi pilihan yang lebih baik untuk Anda. Dan kenyataannya adalah, banyak profesional keuangan memilih untuk mengejar keduanya di beberapa titik dalam karir mereka. Meskipun kami tidak akan merekomendasikan mengejar keduanya pada saat yang sama, Terutama saat bekerja juga.

 

Apa yang ingin Anda lakukan ketika Anda selesai?

Ini mungkin pertanyaan paling penting untuk ditanyakan pada diri Anda sendiri ketika memutuskan antara mendapatkan gelar CFA atau mendapatkan gelar MBA. Jika Anda tahu Anda ingin menjadi analis keuangan perusahaan atau manajer portofolio, pilihan terbaik ialah menyelesaikan Program CFA. CFA tidak akan membuat Anda menjadi pemasar yang lebih kuat, dan tidak akan membuat Anda menjadi manajer yang lebih baik. Tetapi CFA sangat terfokus pada satu hal: menjadikan Anda ahli investasi. Anda akan keluar dari Program CFA dengan keahlian khusus untuk manajemen aset.

MBA, di sisi lain, adalah pendekatan yang lebih luas, sementara Program CFA sangat terfokus. Keterampilan yang Anda capai di sekolah bisnis tidak terfokus pada satu industri. Alih-alih fokus intens pada keahlian tertentu, Anda mendapatkan beberapa paparan ke semua aspek operasi bisnis. Jika Anda masih sedikit ragu-ragu tentang industri apa yang Anda ingin bekerja dan merasa seperti Anda memerlukan paparan lebih praktis untuk berbagai praktik bisnis, melanjutkan ke jenjang MBA mungkin merupakan pilihan yang lebih baik untuk Anda.

 

Besar Biaya yang Harus Dikeluarkan

Anda harus mempertimbangkan hal penting yaitu biaya. Biaya sering menjadi faktor ketika memutuskan antara MBA atau CFA. CFA Charter relatif terjangkau jika dibandingkan dengan MBA, terutama jika Anda berencana untuk menghadiri sekolah bisnis terkenal. Secara keseluruhan, Anda dapat menyelesaikan Program CFA dengan materi persiapan ujian premium CFA dengan harga di bawah $12.000. Biaya kuliah sekolah bisnis dapat menelan biaya $80,000 atau lebih.

 

Kualifikasi

Untuk mendaftar di Program CFA, Anda harus memenuhi salah satu kriteria kualifikasi CFA Institute:

  • Memiliki gelar sarjana (atau setara)
  • Berada di tahun terakhir program gelar sarjana
  • Memiliki 4,000 jam pengalaman kerja profesional, atau

Memiliki kombinasi pekerjaan profesional dan pengalaman universitas yang totalnya setidaknya 4,000 jam

 

Persyaratan MBA bervariasi dari sekolah ke sekolah. Anda pasti ingin memastikan bahwa Anda memenuhi persyaratan khusus dari sekolah atau sekolah yang ingin Anda lamar. Secara umum, setiap sekolah akan mengharuskan Anda:

  • Memiliki gelar sarjana
  • Selesaikan ujian GRE atau GMAT dengan skor memuaskan
  • Memiliki pengalaman kerja profesional (bervariasi menurut sekolah)
  • Lengkapi prasyarat program tambahan (bervariasi menurut sekolah)

Pendapatan

Menurut Business Insider, pendapatan rata-rata di dunia untuk CFA Charterholder di dengan pengalaman 0–5 tahun adalah $72.900. Pendapatan rata-rata untuk lulusan MBA dengan pengalaman 0–5 tahun adalah $57.700. Profesional bisnis dengan pengalaman 0–5 tahun yang telah menyelesaikan kedua program memiliki pendapatan rata-rata $87.200.

Dari semua penjelasan di atas, tidak ada satu pilihan benar atau salah. Ya, Pertimbangkan semua faktor, buat keputusan Anda dengan percaya diri, dan jangan melihat ke belakang. Apa pun yang Anda lakukan, Anda sedang menuju masa depan yang lebih cerah dalam karir keuangan.

 

Anda Tertarik Mengejar Sertifikasi CFA?

Lulus ujian Part 1 adalah langkah pertama Anda untuk mendapatkan sertifikasi CFA, dan Kaplan dapat membantu. Hubungi Kaplan sekarang juga!

 

Sumber: Kaplan Schweser

Leave A Reply

Your email address will not be published.

en_USEN