Back

Bagaimana Mengetahui Bahwa Kamu Siap Mengikuti Ujian CFA®?

Anda mungkin bingung kapan waktu yang tepat untuk mengikuti ujian CFA. Apalagi untuk ujian yang terbilang harus memiliki persiapan yang panjang dan matang. Tapi jangan ragu, terdapat beberapa tanda yang menunjukkan bahwa Anda sudah siap menghadapi ujian ini, dan mendapatkan skor 75% atau lebih pada ujian simulasi adalah salah satunya. Untuk mencapai skor tersebut, Anda perlu menyelesaikan beberapa tugas penting. Mari kita langsung melihat setiap tugasnya!

Langkah penting pertama adalah mulailah menguji pengetahuan dasar tentang kurikulum Level I Program CFA melalui ujian diagnostik CFA yang gratis. Ini akan membantu kamu mengetahui sejauh mana pemahamanmu terhadap materi yang akan diuji.

Memiliki Rencana Belajar yang Konsisten

Menjalankan rencana belajar selama 6 bulan secara konsisten merupakan kunci kesuksesan. Kamu membutuhkan jadwal yang memungkinkan kamu menyelesaikan semua materi bacaan, berlatih dengan semua pertanyaan, dan mengikuti beberapa ujian simulasi. Meskipun terkadang kamu harus menyesuaikan jadwal belajar karena adanya masalah tak terduga, merevisi rencana dan tetap konsisten hingga akhir akan memberikan peluang terbaik untuk sukses dalam ujian.

Menyelesaikan Seluruh Materi Pembelajaran

Ada banyak materi bacaan yang harus kamu pelajari dalam persiapan menghadapi ujian CFA dan semuanya penting. Menyelesaikan semua materi bacaan akan memastikan bahwa kamu terpapar pada seluruh kurikulum CFA dan membantu kamu menjadi akrab dengan konsep-konsep yang dibutuhkan untuk lulus. Ini juga akan meningkatkan kepercayaan diri kamu dalam pengetahuan tentang kurikulum ketika berdiskusi dengan orang lain dan berlatih.

Menggunakan Bank Soal CFA atau Flashcards CFA 

Berlatih dengan soal-soal CFA dan menggunakan banyak kartu kunci (flashcards) merupakan bagian penting dalam persiapan ujian dan meningkatkan rasa percaya diri. Kartu kunci khususnya membantu kamu dalam memahami teori di balik setiap bacaan dan menjawab banyak pertanyaan latihan membantu kamu dalam memahami cara menerapkan teori tersebut untuk memecahkan masalah.

Berlatih dengan Ujian Simulasi CFA 

Kamu sebaiknya mengikuti beberapa ujian simulasi CFA karena dibutuhkan waktu untuk terbiasa dengan pengalaman ujian dan belajar mengelola waktu dengan efisien. Ujian simulasi juga membantu kamu mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan dan membangun keterampilan menghadapi ujian. Jika kamu merasa cemas saat ujian, mencapai skor di atas 75% dapat membantu mengurangi kecemasan dan membuat kamu merasa siap mengikuti ujian CFA.

Mengikuti Workshop Ulasan CFA 

Workshop ulasan merupakan bagian penting dalam persiapan menghadapi ujian CFA. Kamu akan memiliki kesempatan untuk melakukan ulasan menyeluruh terhadap materi yang diujikan. Kamu juga dapat berdiskusi tentang strategi ujian dengan instruktur dan mengerjakan pertanyaan praktik CFA yang mirip dengan jenis pertanyaan dalam ujian.

Persiapan Istirahat yang Cukup

Anda ingin memasuki pusat ujian dengan perasaan istirahat dan siap menghadapi hari tersebut. Anda akan berada di sana selama lebih dari lima jam, jadi Anda membutuhkan energi yang cukup.

Apa yang Harus Anda Bawa pada Hari Ujian?

Buatlah daftar periksa untuk hari ujian dan mulailah membaca tentang apa yang tidak diizinkan di pusat ujian, jenis kalkulator yang boleh digunakan, dan bagaimana proses check-in berjalan agar hari ujian berjalan lancar bagi Anda.

Cara Mengajukan Penundaan Ujian Jika Diperlukan 

Sangat dimengerti jika Anda perlu menunda ujian Anda dan ini adalah pertanyaan umum yang diajukan oleh para kandidat. Untuk mengajukan penundaan ujian yang telah dijadwalkan, Anda perlu mengikuti kebijakan dan prosedur penundaan yang ditetapkan oleh CFA Institute. Caranya, Anda perlu masuk ke akun Anda, mengisi formulir permintaan penundaan mereka, dan memberikan penjelasan rinci tentang keadaan Anda.

Bagaimana Jika Anda Gagal atau Lulus Ujian CFA?

Gagal dalam ujian CFA bisa membuat putus asa, tetapi ingatlah bahwa sangat jarang untuk lulus ujian setelah hanya satu percobaan. Jika Anda gagal, tinjau hasil ujian Anda dengan cermat untuk memahami di mana Anda kurang berhasil dan evaluasi rencana belajar Anda untuk mencari tahu apakah efektif bagi Anda.

Jika Anda lulus ujian CFA, berikan diri Anda penghargaan yang pantas dan refleksikan apa yang berhasil. Jika Anda masih memiliki tingkatan lebih lanjut yang harus Anda lalui, Anda dapat menggunakan rencana belajar Anda sebagai template untuk mempersiapkan tingkatan berikutnya. Jika Anda telah lulus ujian tingkat III, saatnya untuk memulai proses menjadi resmi sebagai pemegang gelar CFA sehingga Anda dapat menyertakan desainasi CFA setelah nama Anda.

 

Sumber: schweser.com

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *