Apa itu FRM?

Apa itu FRM? Diakui di banyak negara, FRM (Financial Risk Manager) adalah sertifikasi bergengsi bagi manajer risiko yang dikeluarkan oleh Global Association of Risk Professionals (GARP). FRM ini dibutuhkan oleh sebagian besar bank dan perusahaan besar di seluruh dunia dan hanya diberikan kepada para profesional yang dapat menunjukkan pengetahuan dan kemampuan untuk mengantisipasi, menanggapi, dan beradaptasi dengan resiko yang ada dan masalah yang muncul.

Di Indonesia sendiri ada sertifikat yang sedikit mirip dengan FRM, yaitu BSMR (Badan Sertifikasi Manajemen Resiko). BSMR ditujukan bagi pengurus dan pejabat bank dengan tujuan meningkatkan kualitas manajemen risiko perbankan Indonesia dan corporate governance. Diselenggarakan oleh Badan Sertifikasi Manajemen Risiko, Suatu badan independen yang di inisiatif oleh Bank Indonesia dan didirikan oleh IRPA (Indonesian Risk Professional Association). Lembaga BSMR juga bekerjasama dengan GARP untuk menjaga kualitas bagi para perbankan yang ada di Indonesia agar memiliki standar internasional. Program Reguler terdiri dari 5 tingkat dengan kewajiban bagi pemegang sertifikat untuk mengikuti program pemeliharaan sesuai dengan tingkatan sertifikatnya.

Kenapa FRM?

Sertifikasi FRM lebih dikenal secara Internasional dibandingkan BSMR yang hanya dipergunakan untuk dalam negeri. FRM juga sangat cocok bagi Anda yang ingin meniti karir di luar negeri karena GARP juga membangun komunitas networking bagi para pemegang FRM di seluruh dunia. Anda juga bisa mendapatkan gaji yang lebih tinggi dengan memiliki sertifikasi FRM.

Gaji seperti apa yang dapat kamu dapatkan ketika memiliki FRM? Menurut Payscale dan Glassdoor, gaji tahunan untuk seorang profesional yang bekerja dalam risiko keuangan dan memiliki FRM berkisar antara $55,000 hingga $211,000. 

Siapa Saja yang Dapat Mendaftar FRM?

Siapa pun dapat mendaftar untuk mengikuti ujian. FRM sendiri memiliki 2 level ujian, dan kandidat harus mengikuti Ujian FRM Part I sebelum mengikuti Part II. Ujian berisi pertanyaan pilihan ganda dan dikerjakan melalui computer-based testing (CBT). Tingkat Kelulusan: FRM Part I adalah 43%, dan FRM Part II adalah 59% (Data pada ujian bulan Mei 2021).

FRM Passing Rates (2019 – 2021) – garp.org/frm/program-exams

 

Struktur dan Jadwal Ujian FRM

PART I

Ujian FRM Bagian I adalah ujian dengan 100 pertanyaan pilihan ganda yang menekankan pada alat-alat yang digunakan untuk menilai risiko keuangan: dasar-dasar manajemen risiko, analisis kuantitatif, pasar dan produk keuangan, serta model penilaian dan risiko. Part I ditawarkan melalui pengujian berbasis komputer (CBT) pada bulan Mei, Agustus, dan November 2022.

PART II

Ujian FRM Bagian II adalah ujian dengan 80 pertanyaan pilihan ganda yang menekankan pada penerapan dari yang diperoleh di Part I: risiko pasar, risiko kredit, risiko dan ketahanan operasional, manajemen risiko dan manajemen investasi, dan isu-isu terkini di pasar keuangan. Part II ditawarkan melalui CBT pada bulan Mei dan November 2022.

Topik pada Ujian FRM

The topics in FRM® Exam
Part I Part II
Topic Weight (%) Topic Weight (%)
Foundations of Risk Management 20% Market Risk 25%
Quantitative Analysis 20% Credit Risk 25%
Financial Markets and Products 30% Operational Risk 25%
Valuation and Risk Models 30% Risk Managemnet & Investment Management 15%
Current Issues in Financial Markets 10%
TOTAL 100% TOTAL  100%

Pemilik gelar sertifikasi FRM sangat dianjurkan untuk mendapatkan 40 jam Pengembangan Profesional Berkelanjutan (Continuing Professional Development/CPD) setiap dua tahun untuk mempertahankan best practices terbaru dalam manajemen risiko.

Untuk mendapatkan sertifikasi FRM, langkah yang perlu dilakukan:

  • Mengikuti dan lulus ujian FRM (Ujian FRM Part I dan Part II).
  • Bekerja dalam bidang risiko keuangan selama 2 tahun. Pengalaman kerja dapat diperoleh sebelum atau setelah Anda lulus Ujian.
  • Tunjukkan pengalaman Anda kepada GARP dengan menjelaskan peran profesional Anda dalam manajemen risiko keuangan dan mengirimkannya ke GARP dalam waktu 5 tahun setelah lulus Part II

 

Tingkat Lulus Ujian FRM®

Tingkat kelulusan untuk Ujian FRM November 2021 adalah 45% untuk Bagian I dan 63% untuk Bagian II. Sejak 2013, tingkat kelulusan rata-rata antara 40 hingga 60 persen. Tingkatkan kemungkinan lulus Anda dengan lingkungan belajar yang baik!

Anda Tertarik Memiliki Sertifikasi FRM?

Lulus ujian FRM Part I adalah langkah pertama Anda untuk mendapatkan sertifikasi FRM, dan Kaplan dapat membantu. Hubungi Kaplan sekarang juga!

 

 

Sumber:

Manajer Risiko Keuangan (FRM) – Ensiklopedia keuangan (nesrakonk.ru)

FRM® – Kaplan Edupac Pondok Indah (edupac-pi.com)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

en_USEN