Back

4 Struktur Tes IELTS yang Harus Kamu Ketahui!

IELTS atau singkatan dari International English Language Testing System adalah sistem bahasa inggris skala internasional untuk keperluan studi, pekerjaan, dan imigrasi. IELTS digunakan sebagai syarat studi lokal maupun internasional. IELTS adalah tes bahasa Inggris yang dirancang untuk mengukur kemampuan berbahasa Inggris seseorang, baik dalam berbicara, mendengar, membaca, maupun menulis.

IELTS terdiri dari dua versi utama, yaitu IELTS Academic dan IELTS General Training. IELTS memiliki beberapa stuktur tes yang perlu kamu ketahui, yuk, simak!

IELTS Academic:

IELTS Academic ditujukan bagi mereka yang ingin mendaftar di universitas atau lembaga pendidikan tinggi di luar negeri. Struktur tes ini mencakup empat bagian:

  1. Listening (Pendengaran): Kamu akan mendengarkan soal-soal dari empat rekaman yang berbeda, dan tugas kamu adalah menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan rekaman tersebut.
  2. Reading (Membaca): Bagian ini melibatkan tiga bagian dengan berbagai jenis teks, seperti artikel, diagram, dan grafik. Kamu akan diminta menjawab pertanyaan berdasarkan teks-teks tersebut. Biasanya komponen Reading ini terdiri dari 40 pertanyaan.
  3. Writing (Menulis): Terdapat dua tugas (Task 1 dan Task 2) menulis dalam IELTS Academic. Tugas pertama meminta kamu untuk menjelaskan grafik atau diagram, sementara tugas kedua adalah esai pendek berdasarkan topik tertentu.
  4. Speaking (Berbicara): Bagian ini adalah wawancara langsung dengan seorang penguji. Kamu akan diminta untuk berbicara tentang diri sendiri, topik umum, dan juga topik akademik.

IELTS General Training:

IELTS General Training lebih cocok bagi mereka yang mencari pekerjaan atau ingin berimigrasi ke negara berbahasa Inggris. Struktur tesnya mirip dengan IELTS Academic, tetapi fokusnya lebih pada situasi sehari-hari, seperti berkomunikasi dengan rekan kerja guru, atau berbicara dengan dokter.

Skor IELTS

IELTS memberikan skor berdasarkan sistem band. Rentang skor adalah dari 1 hingga 9, dengan 9 sebagai skor tertinggi yang menunjukkan kemahiran bahasa Inggris yang sangat tinggi. Skor IELTS sangat penting karena biasanya digunakan sebagai syarat masuk universitas atau sebagai bukti kemampuan bahasa Inggris dalam pengajuan visa imigrasi.

Kunci Sukses dalam IELTS

Untuk berhasil dalam IELTS, penting untuk mempersiapkan diri dengan baik. Ini termasuk berlatih secara teratur, mengikuti kursus persiapan IELTS jika diperlukan, dan memahami tata cara menjawab setiap jenis pertanyaan. Selain itu, pastikan kamu tahu jenis IELTS yang kamu perlukan (Academic atau General Training) sesuai dengan tujuan kamu.

Jadi, apakah kamu siap untuk mengambil tes IELTS dan mendapatkan skor tinggi? Yuk, bergabung dengan Kaplan Edupac. Kaplan menyediakan kursus persiapan hingga official test IELTS. Belajar dengan native speaker, diagnostic test, serta hingga 4x progress test sampai tuntas. Dengan persiapan yang baik dan pemahaman tentang struktur tesnya, kamu akan berada di jalur yang tepat menuju sukses dalam meraih skor tinggi dalam IELTS.

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *