4 Strategi Persiapan Ujian FRM® 

Strategi dasar yang harus Anda ikuti saat mempelajari kurikulum FRM® termasuk menyadari gambaran besar dan mengetahui konsep utama. Dengan strategi luas ini, Anda akan dapat menerapkan strategi yang lebih spesifik terkait dengan membantu Anda mengingat informasi pada hari ujian FRM, seperti cara menangani rumus dan daftar.

 

Strategi #1: Gambaran Besar

Menyadari gambaran besar berarti Anda harus tahu setidaknya sedikit tentang setiap konsep. Misalnya, meskipun Anda tidak mengetahui rumus durasi efektif, setidaknya ketahuilah bahwa durasi efektif adalah ukuran risiko suku bunga. Dengan mengingat informasi dasar pada hari ujian, Anda akan dapat mempersempit pilihan jawaban Anda.

Anda mungkin tidak akan menjawab banyak pertanyaan dengan benar hanya dengan pemahaman dasar konsep, tetapi Anda dapat meningkatkan peluang Anda pada pertanyaan pilihan ganda dari 25% menjadi 33% dengan menghilangkan satu pilihan jawaban yang salah.

Dengan teknik ini, Anda juga akan dapat lebih membedakan antara informasi yang relevan dan tidak relevan dalam sebuah pertanyaan. Melanjutkan tema durasi, Anda akan mengetahui bahwa informasi peringkat obligasi yang diberikan dalam pertanyaan durasi tidak relevan, karena peringkat obligasi mencerminkan risiko kredit, bukan risiko suku bunga.

 

Strategi #2: Ketahui Konsep Utamanya

Penting untuk mengidentifikasi konsep-konsep yang kemungkinan besar akan dibahas dalam ujian. Pada tahun tertentu, beberapa konsep mungkin dihilangkan, tetapi jika Anda dapat menjawab sebagian besar pertanyaan tentang konsep utama/inti ini, Anda akan secara dramatis meningkatkan peluang Anda untuk lulus. Umumnya, idenya adalah benar pada sebagian besar pertanyaan yang berhubungan dengan konsep-konsep penting, dan kemudian mengandalkan pengetahuan “gambaran besar” Anda untuk mendapatkan poin pada materi yang tersisa.

 

Strategi #3: Rumus

Dalam beberapa kasus, Anda akan diberikan pertanyaan yang jawabannya dapat diperoleh dengan menggunakan rumus dan perhitungan yang cukup panjang. Namun, Anda mungkin juga dapat mengidentifikasi jawaban yang benar tanpa perhitungan, jika Anda benar-benar memahami konsep atau hubungan yang sedang diuji. Dengan formula apa pun yang Anda temui dalam bacaan yang ditugaskan, Anda harus mencoba untuk mendapatkan pemahaman yang jelas tentang apa yang dikatakannya kepada Anda (kapan saat yang tepat untuk menggunakannya) dan hubungan di antara berbagai variabel input.

Pikirkan rumus hanya sebagai cara singkat untuk mengekspresikan hubungan atau konsep yang perlu Anda pahami. Misalnya, varians populasi adalah deviasi kuadrat rata-rata dari mean. Mendekati rumus dengan cara ini akan mengurangi peluang Anda untuk melewatkan masalah jika ingatan Anda gagal karena stres pada hari ujian.

 

Strategi #4: Daftar “Karakteristik”

Sumber umum dari pertanyaan spesifik adalah mengidentifikasi karakteristik berbagai sekuritas, model, dan metode penilaian. Format pertanyaan yang umum adalah, “Manakah dari berikut ini yang paling akurat menggambarkan…?” Di sini, pendekatan gambaran besar dapat membantu Anda menyingkirkan jawaban yang salah. Juga, beberapa kandidat menggunakan teknik mnemonik untuk membantu mereka mengingat daftar karakteristik atau daftar pro dan kontra.

Selain keempat strategi ini, perhatikan area masalah Anda terkait topik tertentu. Misalnya, jika Anda selalu berjuang dengan metode kuantitatif, cari cara untuk meningkatkan pemahaman Anda tentang materi kuantitatif dengan menghabiskan lebih banyak waktu dengannya atau menghadiri sesi pelatihan yang dipimpin instruktur.

Jangan berharap bahwa Anda dapat mengabaikan seluruh area topik dan menebus poin yang hilang dengan unggul di area lain. Demikian pula, jangan melewatkan suatu area hanya karena Anda pikir Anda sudah mengetahuinya. Anda harus cukup nyaman dengan semua materi yang ditugaskan dalam kurikulum FRM untuk lulus Ujian FRM.

 

Sumber: Schweser

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.

en_USEN