10 Topik dalam ujian CFA Level 1

Program CFA® mencakup pengetahuan dasar yang dibutuhkan dalam manajemen investasi saat ini. CFA Institute memperbarui kurikulumnya secara teratur, sehingga mencerminkan praktik keuangan modern. Harapannya kandidat dapat membawa apa yang telah mereka pelajari melalui Program CFA ke skenario dunia nyata. Lalu saat kita mendaftarkan diri untuk mengikuti ujian CFA level 1, apa saja yang akan kita pelajari?

Berikut adalah 10 topik dalam ujian CFA level 1 yang harus kamu pelajari:

Materi Level I
Ethical and Professional Standard 15%
Quantitative Methods 10%
Economics 10%
Financial Statemnet Analysis 15%
Corporate Issuers 10%
Equity Investments 11%
Fixed Income 11%
Derivatives 6%
Alternative Investments 6%
Portfolio Management and Wealth Planning 6%

Dalam ujian level 1, peserta difokuskan pada konsep-konsep dasar finansial ekonomi. Dari tabel diatas, dapat dilihat bahwa bobot terbesar terdapat pada topik Ethical & Professional Standard.

Ethical and Professional Standard

Topik ini membahas menyeluruh tentang kode etik, standar profesional, dan Global Investment Professional Standards (GIPS) sebagai bagian terbesar dalam aspek etika yang diaplikasikan pada industri keuangan. Bagian ini menjadi area topik yang paling penting dalam pembelajaran program CFA sebagai bentuk mempromosikan profesional etika secara universal

Quantitative Methods

Pada bagian ini, kamu akan mengeksplorasi konsep dan teknik kuantitatif yang digunakan dalam analisis keuangan dan pengambilan keputusan investasi. Bagian ini juga mempertimbangkan teori probabilitas dan penerapannya dalam mengukur risiko untuk pengambilan keputusan investasi.

Economics

Pada bagian ini, kamu akan diperkenalkan dengan analisis konsep dasar penawaran dan permintaan untuk konsumen individu dan perusahaan. Berbagai struktur pasar tempat perusahaan beroperasi serta konsep dan prinsip ekonomi makro, termasuk pengukuran output dan pendapatan agregat, analisis permintaan dan penawaran agregat, dan analisis faktor pertumbuhan ekonomi juga akan dibahas. Bagian ini diakhiri dengan cakupan siklus bisnis dan pengaruhnya terhadap kegiatan ekonomi.

Financial Statement Analysis

Di sini kamu akan diberikan penjelasan menyeluruh tentang prosedur pelaporan keuangan dan standar yang mengatur pengungkapan pelaporan keuangan, dengan penekanan pada laporan keuangan dasar dan bagaimana metode alternatif akuntansi mempengaruhi laporan tersebut dan analisisnya. Kami memeriksa laporan keuangan utama dan memberikan kerangka umum untuk melakukan analisis laporan keuangan.

Corporate Issuers

Dalam topik ini, kamu akan diberikan pengantar tentang tata kelola perusahaan serta keputusan investasi dan pembiayaan. Kamu juga akan menyoroti dampak yang berkembang dari pertimbangan lingkungan dan sosial dalam berinvestasi. Kami membahas bagaimana perusahaan memanfaatkan leverage dan mengelola modal kerja mereka untuk memenuhi kebutuhan operasional jangka pendek.

Equity Investments

Di sini kamu akan mengeksplorasi karakteristik investasi ekuitas, pasar keamanan,dan menjelaskan bagaimana menganalisis industri, perusahaan, dan sekuritas ekuitas serta penggunaan model penilaian ekuitas dasar. Ekuitas global penting untuk memenuhi tujuan pertumbuhan dan diversifikasi jangka panjang.

Fixed Income

Dalam topik ini, kamu akan belajar bagaimana menggambarkan sekuritas pendapatan, faktor risiko, dan pengukuran dan penggerak penilaian. Kamu juga akan belajar tentang penghitungan hasil, nilai sekuritas pendapatan tetap, sekuritisasi aset, dasar-dasar pengembalian dan risiko obligasi, serta prinsip-prinsip dasar analisis kredit.

Derivatives

Di bagian ini, kamu akan membangun kerangka konseptual untuk memahami derivatif dasar dan pasar derivatif. 

Alternative Investments

Topik ini mengeksplorasi alternatif investasi, termasuk dana lindung nilai, ekuitas swasta, real estate, komoditas, dan infrastruktur. 

Portfolio Management and Wealth Planning

Dalam topik ini, kamu akan belajar tentang dasar-dasar portofolio dan manajemen risiko, termasuk pengukuran pengembalian dan risiko serta perencanaan dan konstruksi portofolio. Kamu akan mempelajari kebutuhan investor individu dan institusi serta berbagai solusi investasi yang tersedia. 


Belajar dengan Kaplan

Mempelajari 10 topik secara mandiri akan menjadi tantangan yang cukup sulit. Untuk bisa lulus ujian CFA®, para peserta tidak hanya dibutuhkan untuk belajar dengan keras, namun juga sebaiknya belajar dengan “smart”. 

Proses belajar yang lengkap adalah proses belajar yang memiliki  3 faktor penunjang yaitu:

  • Experienced Instructors
  • Proven Material
  • Periodic Assessment/Tests

Ketiga faktor diatas dapat ditemui dalam program CFA dari Kaplan ini. Dimana para instruktur kami adalah member dari CFA Society Indonesia yang sudah lulus CFA dan ahli di bidangnya masing masing. Untuk Materi dan Test, kami berikan paket study material dari Kaplan Schweser yang berisi penjelasan materi yang dirangkum oleh para pengajar Kaplan Schweser dari Amerika Serikat. Cek info lengkapnya di website kami

Leave A Reply

Your email address will not be published.

en_USEN